Exa macro prisma

Beamsplitter pada umumnya mempunyai stereo basis sekitar 75mm, dan mempunyai jarak optimal untuk pemotretan stereo dari jarak terdekat 3m sampai jarak terjauh kira kira 15-20m.

Tentunya acuan jarak dengan ukuran ini tidak dapat kita pakai dalam pemotretan macro karena dalam pemotretan makro, biasanya motiv yang akan kita foto, mempunyai jarak kurang dari 1,5m atau kadang kala, mempunyai jarak sekitar 30cm.

Untuk itu pada masa kejayaan stereo fotografi, Zeiss Jena (produsen dari kamera Exakta atau Exa) memproduksi selain beamsplitter dengan basis 75mm, juga macro beamsplitter dengan basis 12mm, yang mempunyai ruang pemotretan stereo untuk motif dengan jarak pemotretan mulai dari 15cm sampai jarak 2m. Tentunya beamsplitter jenis ini, sangat menarik untuk dipergunakan dalam pemotretan macro, selain dari zeiss jena, contax juga mengeluarkan produk yang sama dengan nama nahsteritar (closeup steritar).

Sayangnya kedua alat ini hanya di produksi daalam waktu yang sangat singkat serta, dalam jumlah yang sangt kecil (ca. 100), serta harganya yang sangat mahal sehingga sulit sekali didapat.

menurut pendapat saya tidak ada yang lebih menarik dari melihat dan membuat fotomacro dalam bentuk stereo.

Leave a Reply