Sterikon 10

(c) Andie Tanadi

Dalam artikel tentang Stereo tach saya telah mengungkapkan sekilas bahwa untuk memprojeksi hasil foto stereo yang anda buat dengan beamsplitter, anda memerlukan alat khusus, serta projektor khusus untuk memprojeksikan slide anda.

Mungkin selama ini anda hanya menikmati hasil stereo foto anda dengan mempergunakan viewer atau melihat gambar cetakan dengan viewer, efek yang di timbulkan dengan menikmati projeksi stereo dapat anda bayangkan sebagai berikut: sekiranya anda melihat foto anda dengan ukuran 1X075m pada layar projeksi. tentunya anda dapat membayangkan betapa menariknya efek yang di timbulkan dari slide stereo tersebut.

Semua motif seakan akan keluar dari layar projeksi, jika anda melihat gambar pemandangan, efek yang di timbulkan adalah, seakan-akan anda duduk didepan jendela dengan pemandangan di depan anda.

Oke, kembali pada pokok thema pembicaraan kita dalam thema ini sterikon 10 adalah beamsplitter untuk projektor dengan menggunakan lensa 105mm/2,8 dari filma zeiss ikon. Sebenarnya untuk stereo Projeksi Firma Zeiss ikon mengeluarkan beberapa projektor, beberapa dari projektor tersebut adalah projektor dengan Type Ikolux dengan kekuatan lampu bervariasi dar 100-500Watt, projektor yang saya pergunakan mempunyai kekuatan lampu projeksi sebesar 300Watt dengan tranport dengan tangan serta penggunaan magazin untuk transport dari slide.

Seperti pada umumnya sistem stereo yang lain projektor ini serta lensa dan beamsplitter untuk projeksi dari stereo slide ini tidak lagi di Produksi.

Beberapa alternatif untuk memprojeksikan slide anda adalah :
menggunakan dua buah projektor
menggunakan kamera yang di produksi oleh firma RBT

Selain firma RBT saat ini tidak ada firma lain yang masih memproduksi stereo projektor. Mungkin kalau anda beruntung anda dapat menemukan serta membeli di bursa foto di Eropa atau di Amerika, beberapa stereo projektor bekas.


Leave a Reply